Inbound

  • Related

  • Symbian goes open source, is it all free to download?

    Ada beberapa isu mengenai  nasib Symbian ketika serangan dari OS baru mulai semarak dan merebut hati konsumen mereka. Mulai dari Apple iPhone yang menyenangkan, Android yang mengasyikkan, hingga yang menjadi senior – Windows Mobile. Sekarang Sistem Operasi pada ponsel telah memasuki tahap baru keberadaannya – Kemudahan di setiap sisi bagi pengguna dan pengembang aplikasi.

    Dan untuk menghadapi era tersebut, Symbian kini melangkah dengan kodenya sekarang – open source. Langkah ini dimulai sejak bulan Juni 2008 lalu. Ketika Nokia membeli dan mengubahnya menjadi Symbian Foundation untuk mengambil alih pengembangan OS. Dan mereka memiliki rencana besar untuk masa depan.
    Symbian sebagai OS yang masih paling populer dalam keluarga smartphone, dengan 330 juta unit ponsel yang bisa dikapalkan tahun lalu.

    Transisi ke open source ini akan membantu mempercepat evolusi platform. Dan evolusi itu membutuhkan tenaga-tenaga seperti dari iPhone dan Google Android OS, yang juga open source, dan kini sedang  populer.


    Symbian Foundation termasuk Nokia, LG, Motorola, NTT DoCoMo, Samsung, Sony Ericsson, operator Vodafone dan AT & T dan chipmaker Texas Instruments. Nokia telah menjadi pengembang utama di Symbian, tapi ada rencana untuk mengurangi inputasi hingga kurang dari 50% pada paruh kedua 2011.
    Ini akan memberikan ruang bagi lebih banyak kontributor.

    Sekarang dengan bendera open source, Symbian tersedia untuk siapa saja. Mereka berharap langkah ini akan mengarah pada perkembangan yang lebih cepat terhadap aplikasi pihak ketiga, dimana sekarang para pengembang tidak lagi terhalangi oleh begitu banyak aspek kepemilikan dari Symbian. Mereka juga berharap bahwa sifat open source akan meningkatkan keamanan dari OS.

    Jadi, ini adalah akhir dari kisah Symbian S60 versi lama, setelah Sony Ericsson UIQ menyerah. Symbian Foundation merilis tampaknya Symbian 3rd akan mengambil alih dominasi produk smartphone mereka, terutama karena Symbian 1st dan 2nd sudah ditinggalkan. Dan kini era Symbian 5th edition hadir menghadapi persaingan OS yang hebat.

    Kita masih belum bisa melihat dampak dari langkah ini akan membantu memulihkan Symbian dari kekhawatiran terhadap serangan iPhone dan Android. Karena akhirnya, semua kembali pada konsumen – bukan hanya tren…

    Pertanyaan berikutnya, “Apakah ini berarti semua aplikasi yang mendukung Symbian akan bisa kita nikmati secara gratis?”

    Sepertinya, jawabannya bisa kita temukan melalui layanan baru seperti dari Nokia – Ovi Store. Dimana semua aplikasi dan game disana bisa anda dapatkan secara gratis.

    Sumber : GSMarena.com

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.