Inbound

  • Related

  • Spiderman 4 : The Great Battle of Life

    SpidermanSetelah browsing kemana-mana untuk mencari informasi tentang film Spiderman 4 yang rencananya akan dirilis pada bulan Mei 2011, saya menemukan begitu banyak kesimpangsiuran cerita dan pembentukan karakter yang menyimpang dari pakem cerita Spiderman (komik). Mungkin ini terjadi karena kerangka yang sudah telanjur berubah sejak Spiderman 1, 2 dan 3.

    Tag “The Great Battle of Life” adalah kalimat buatan saya sendiri, bukan tag yang sebenarnya akan diusung oleh film tersebut nantinya. Hal ini merujuk pada ‘pertarungan’ Peter Parker (Tobey Maguire) sebagai manusia biasa dan sebagai superhero adalah kehidupan secara umum.

    Isu tentang penghabisan karakter Mary Jane WatsonMJ” (Kirsten Dunst) adalah yang paling gencar, disusul kedatangan penggantinya, yaitu Felicia HardyBlack Cat” (Anne Hathaway), Munculnya Karakter Dr.Curt ConnorsLizzard” (Dylan Baker) yg konroversi, dsb.

    Pergeseran konsep cerita ini sangat kentara sejak tokoh Harry Osborn ‘dipaksa’ menjadi Green Goblin lebih awal dari semestinya, kemudian dimatikan karakternya terlalu dini. Bahwa sebenarnya musuh terberat Spiderman adalah Venom (Eddie Brooks) yang memiliki dendam pribadi dengan Peter Parker, Kingpin (Wilson Fisk) sebagai otak segala kejahatan di dunia MarvelTM, dan Green Goblin2 (Harry Osborn) yang notabene sahabat dekat Peter Parker (Spiderman) yang juga menyimpan dendam tentang kematian ayahnya, Green Goblin1 (Norman Osborn) – yang sebenarnya pun juga terlalu dini dimatikan. Serta James Jonnah Jamesson, bos Daily Bugle yang punya ambisi besar untuk menjatuhkan kredibilitas Spiderman (niat yang sebenarnya gak masuk akal)

    Dalam perjalanan hidup seorang Peter Parker dan pertarungan Spiderman. Kekasih sejati Pete bukanlah MJ, melainkan Gwen Stacy (karakter sudah dimunculkan di Spiderman 3). Gwen-lah yang semestinya jadi pertaruhan dilematis di adegan jembatan (Spiderman 1). Lalu kenapa yang diutamakan justru karakter MJ? Hmm… merujuk pada pepatah “Dibelakang lelaki hebat selalu ada wanita hebat”. Dan ternyata dibelakang seorang PeterSpidermanParker ada 2 orang wanita : Aunt may dan MJ, yang paling mengerti keadaan Peter Parker sebagai manusia biasa dan juga sebagai superhero.

    Kematian Gwen Stacy pada adegan dilematis di jembatan (diubah dalam Spiderman 1, menjadi MJ) menghidupkan karakter baru bernama Jeniffer (sudah diperkenalkan di Spiderman 3, sebagai reporter berita yang meliput adegan MJ diculik Venom) dan FeliciaBlack CatHardy, yang rencananya akan muncul di Spiderman 4. Tapi sepertinya tokoh Jeniffer tidak akan diangkat lebih dalam, mengingat keterbatasan kompleksitas cerita untuk sebuah kemasan film.

    Semestinya, tokoh Felicia sebagai muncul sebagai “love at first sight” bagi Peter Parker setelah kematian Gwen Stacy dan MJ menjadi kekasih Harry Osborn. Nggak tau nanti jadinya gimana di film Spiderman 4. Felicia adalah tokoh Black Cat (jangan salah dengan Cat Women-nya Batman ya…) karena dendamnya sejak diperkosa mantan kekasihnya pada sebuah kencan. Sejak itu ia mulai memburu dan membunuh para pria hidung belang. Sifat liar Black Cat ini yang kemudian akan dimanfaatkan oleh Kingpin (tokoh yang justru hanya muncul di film Dare Devil, hu-uh…)

    Kematian MJ oleh Venom sebenarnya korban tren pada masa pembuatan komiknya, isu klonning. Lagi-lagi Spiderman harus dihadapkan pada pilihan : menyelamatkan umat manusia dari ledakan besar dengan radiasi mengerikan atau menyelamatkan MJ yang terancam terlempar ke dimensi lain melalui portal buatan Dr. Octopus (nah kan, padahal tokoh ini sudah dimatikan di Spiderman 2). Venom yang sengaja merancang adegan dilematis itu sebenarnya sengaja membuat kedua pilihan tak bisa diselamatkan, tapi untung saja Harry Osborn muncul sebagai Green Goblin2 utk menyelamatkan MJ meskipun akhirnya gagal (beginilah semestinya adegan di Spiderman 3).


    Catatan : MJ kemudian dihidupkan kembali sebagai hasil klonning. Tapi jangan salah persepsi dulu, karena Peter Parker pun di-klonning dalam episode The Ultimate Spiderman (sepertinya ini imbas dari House of M : pengurangan karakter karya Marvel secara besar-besaran demi keselarasan cerita yang tidak terlalu kompleks/meluas)

    Guncangan besar dalam kehidupan Spiderman maupun Peter Parker membuatnya menjadi depresi. Kematian Gwen dan MJ adalah pukulan besar bagi seorang manusia biasa pun sebagai superhero. Muncullah tokoh Dr.Connors sebagai dokter pribadi Pete yang juga mengetahui identitas rahasia Spiderman. Dr.Connors menjadi penasehat dan terapi kejiwaan untuk Pete, termasuk saat nanti Spiderman mengalami gangguan genetis yang mengubahnya menjadi DoopleGanger (monster laba-laba bertangan 6, lebih ngeri daripada Venom), dan mesti minta bantuan pada Prof. CharlesXXavier (The X-Men).

    Kemunculan Dr.Connors (yang rencananya juga nongol di Spiderman 4) pun semestinya diawali dengan munculnya tokoh Scorpion, Rhino, dan Shocker. Karena ketiga tokoh inilah yang bertanggung jawab (atas perintah Kingpin) terhadap mutasi genetik pada Dr.Connors hingga menjadi mutant : The Lizzard. Dengan tujuan penyelidikan identitas asli Spiderman.

    Tokoh Lizzard adalah sisi kelam dari Dr.Connors (karena memang aslinya satu orang). Perubahan terjadi sebenarnya agak mirip dengan tokoh Incredible Hulk. Jika Dr.Connors sedang kalut, panik dan marah maka ia akan menjadi “Kadal” (atau cicak, ya?). Kelemahannya adalah cahaya, maka dari itu Spiderman butuh bantuan dari Fantastic Four : Jhonny – si manusia api (Human Torch) untuk mengendalikan Lizzard dan mengembalikan genetik Dr.Connors dengan bantuan Reed RichardsMr.Fantastic (lagi-lagi, keterbatasan kompleksitas cerita akan memaksa kerangka cerita berubah dalam skenario Spiderman 4).

    Lalu siapa yang menjadi bagian “The great battle”? Siapa yang menjadi lawan utama Spiderman? Gossip kemunculan Vultures pun juga menyebar di Internet. Sayangnya, kesalahan identitas Vultures membuat gossip ini makin diragukan. Felicia Hardy adalah tokoh wanita yang menjadi tokoh Black cat, sedangkan Vultures adalah tokoh laki-laki (karakter ini sempat nongol di film X-Men 3).

    Kalimat “The Great Battle of Life” saya gunakan sebagai gambaran bahwa semestinya film Spiderman 4 ini adalah pertarungan terbesar dalam kehidupan manusia biasa bernama Peter Parker karena kehilangan 2 orang yang sangat berarti, dan ujian terbesar bagi Spiderman, karena sejak babak inilah pertarungan besar melawan ‘pandemi’ kejahatan dari Venom dan Kingpin dimulai dengan gencar dan besar-besaran.

    Bagaimana jadinya film Spiderman 4? Kita tunggu saja bulan Mei tahun 2011. Saya pastikan pertarungan besar itu nanti tidak akan mlempem seperti yang terjadi dan dijanjikan pada tag film Harry Potter 6 : the half-blood prince. Yang justru menjadi episode Harry Potter tanpa pertarungan, tanpa greget cerita, kecuali kematian Dumbledoor.

    Nb : jika anda perhatikan, film Spiderman selalu di-rilis pada bulan mei (English : May). Ini sebagai pengahargaan besar terhadap wanita hebat dibelakang Spiderman, Aunt may. Dan juga sebagai kata penanda retorika : Mungkin…

    Share this to your friends

    7 comments to Spiderman 4 : The Great Battle of Life

    • KEren bro Review dini hari

    • makasih bro.
      sekedar me-review superhero favorit saya.

    • We must realize that at bottom, our journey upon the Earth is a struggle between the light and the dark.

      Once the difference begins to blur we become confused.

      However, at least with our games we know, if not where the moral resides, at least where our loyalty is to be invested.

    • absolutely correct. the greatest enemy of all over the universe is our self. thanx

    • spidey lover

      kabarnya rilisnya diundur sampai 2012, aduh lama banget nih, dan yang mengejutkan tobey bakal diganti oleh aktor lain sebagai spiderman, waduh tambah kecewa…

    • @ Spidey lover : Waduh, nggak tau kalo ada isu begitu. karna kabarnya dulu Tobey Mcguiere kan dikontrak 5 episode spiderman. Gak kebayang Peter Parker yg bisa begitu ‘human being’ ketika diperankan Tobey, tau2 diganti orang lain…
      Mengenai jadwal rilis film, terserah mau dirilis kapan deh – yang jelas jangan kelamaan dan makin ngaco ceritanya.
      So, we just wait the friendly neighbourhood to come and swing with his web.

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.