Inbound

  • Related

  • Solar activity brings errors to GPS navigation

    Aktivitas matahari belakangan ini memang sedang meningkat. Sesuai perhitungan para ilmuwan (yang kemudian berbuntut pada ramalan 2012). Bukan hanya jilatan api dari kulit matahari yang dikhawatirkan akan meningkatkan suhu keluarga tata surya, hal yang perlu kita bahas disini justru (sesuai kalkulasi ilmuwan tentang 2012) kerusakan sitem informasi dan komunikasi kita karena terbakar oleh radiasi matahari tersebut. Dalam konteks ini, kita membahas tentang navigasi GPS (Global Positioning System).

    Secara personal, mungkin kita tidak begitu peduli dengan hilangnya sinyal GPS dari satelit. Tapi bayangkan kegalauan pada sistem pertahanan militer di setiap negara.

    Teori hilangnya sinyal GPS bisa dijabarkan dengan kalimat mudah, yaitu :


    Ketika radiasi dari matahari masuk ke planet Bumi, menembus lapisan ionosfir, 3 hal yang akan membuat perangkat GPS anda tidak dapat berfungsi.

    1. Radiasi matahari lebih kuat (bahkan mematikan sinyal dari satelit) daripada sinyal GPS dari satelit. Itu pun jikalau satelit tersebut selamat dari kerusakan.
    2. Fase tembus radiasi matahari terhadap lapisan Ionosfir menyebabkan gangguan muatan pada lapisan tersebut sehingga justru mampu membalikkan sinyal dari luar – termasuk segala sinyal satelit buatan manusia.
    3. Radiasi yang mencapai permukaan bumi akan mengganggu kerja berbagai perangkat elektronik, atau bahkan merusaknya.

    Kiamat” informasi dan telekomunikasi ini akan dialami oleh seluruh penjuru dunia, dengan tempo kerusakan yang belum bisa diprediksi lebih lanjut – mungkin hanya beberapa jam saja, atau beberapa hari, atau bahkan beberapa tahun.

    Beberapa vendor perangkat GPS sudah berangkat untuk melakukan antisipasi untuk kenyamanan konsumennya demi menghadapi 2012 (yang kabarnya ramalan ini mundur satu tahun lagi, 2013). Mereka memberikan patch khusus untuk disimpan dalam perangkat GPS (baik handheld maupun car navigation), sehingga perangkat GPS masih bisa digunakan secara offline dengan hanya menggunakan data yang tersimpan di dalamnya. Sayangnya, antisipasi ini tidak berlau untuk kondisi pada poin ketiga.

    Kasus seperti ini sekali lagi mengingatkan kita untuk tidak selalu tergantung terhadap segala kemudahan dan kecanggihan teknologi buatan manusia. Karena semua ini pasti kembali ke alam, teknologi jagad raya yang maha canggih buatan Tuhan YME.

    Ya… kalau bingung dengan posisi anda, kan bisa bertanya. Seperti kata pepatah : “malu bertanya – sesat dijalan, kebanyakan tanya – memalukan”.

    Sumber : GSMarena.com

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.