Inbound

  • Related

  • Social Bookmark

    Bookmark bisa diartikan sebagai kumpulan catatan pengingat, dalam konteks SEO yaitu untuk mengingat alamat website (URL). Sebenarnya fasilitas ini sudah dimiliki beberapa browser popular yang bisa membantu kita menghemat waktu dan tenaga untuk mengetik alamat situs. Kita hanya tinggal melakukan klik pada salah satu URL dalam daftar yang sudah anda bookmark (tandai) sebelumnya.

    Dalam dunia SEO, kita mengenal istilah Social Bookmarking. Yaitu kegiatan penandaan atau mencatat suatu alamat website ke dalam kumpulan alamat-alamat website yang dianggap memiliki hal yang menarik oleh sang penanda. Pihak yang menjadi pengumpul tersebut adalah situs-situs social yang lumayan banyak untuk disebutkan satu persatu.




    Mengapa Social Bookmark penting dalam SEO?

    Jika sebuah halaman web anda ditandai oleh seorang pengunjung ke sebuah situs social bookmark seperti Digg, Stumbleupon, Redit, Technorati, dan lain sebagainya. Maka ini berarti sebuah inbound link bagi halaman web tersebut. Ingat, bahwa Google PageRank menilai peringkat web anda berdasarkan inbound dan outbond link anda. Atau secara tidak langsung, dengan ditandainya salah satu web page anda di salah satu (makin banyak makin bagus, tapi jangan kebanyakan bisa mencurigakan) situs social bookmark, maka situs anda dipromosikan oleh pengunjung tersebut kepada seantero dunia.

    Anda bisa melakukan trik dengan menandai sendiri salah satu atau beberapa web page(s) anda ke banyak pilihan situs social bookmark. Jangan menandai semua web pages situs anda karena justru akan memancing kecurigaan Google. Bookmark saja web pages yang menurut anda menjadi artikel-artikel pilar dari konten website anda.

    Beberapa hal yang perlu diingat kembali sehubungan Social Bookmarking dan inbound link. Bahwa inbound link hanya dianggap jika berasal dari situs yang memiliki relevansi konten. Jadi untuk melakukan trik diatas, sebaiknya anda lebih kreatif lagi.

    Situs-situs Social Bookmark tersebut menawarkan fasilitas do-follow. Dimana mereka akan memberikan link gratis kepada web anda jika web page anda ada yang ditandai. Beberapa syarat dasar supaya halaman web anda lebih menarik untuk ditandai dan disetujui dalam fasilitas do-follow adalah :

    • Konten web anda bersifat informatif atau bermanfaat bagi orang lain (user)
    • Memiliki judul yang menarik
    • Keyword atau keyphrase yang terkandung dalam judul akan lebih berakibat baik.
    • Selalu menganalisa dan mengendalikan account anda, juga arah masuk link.

    Dari begitu banyak situs social bookmark yang ada, mungkin Digg dan Technorati menjadi yang terbaik untuk anda gunakan dalam penandaan. Tapi belakangan ini Redit juga memiliki kans yang bagus.

    Kini, setelah semua upaya diatas dilakukan pun, anda hanya tinggal menaruh harapan pada waktu dan efektifitas link. Berharap tidak dianggap sebagai spam, diterima khalayak umum, mengundang trafik dan komentar – Google Pagerank pun merangkak naik.

    Satu trik lagi jika salah satu webpage anda sudah ditandai pada salah satu situs social bookmark. Pancing pengunjung lain dengan komentar menarik, dan berikan anchor link langsung ke website anda.

    Atau jika anda ingin mengomentari bookmark dari web page milik orang lain, selain mengomentari isi konten dengan relevan dan sopan, komentarilah komentar pertama. Meskipun biasanya daftar komentar disusun secara penanggalan (waktu), hal seperti ini terbukti efektif dalam pemanfaatan anchor link.

    Anda bisa mulai mencobanya dengan meng-klik salah satu ikon yang berderet dibawah artikel ini. Bukan menjebak, karena saya akan sangat berterima kasih banyak untuk itu, tapi setidaknya anda bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang bookmarking secara langsung.

    Selamat mencoba dan berjuang !!

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.