Inbound

  • Related

  • Sahabat dari dunia berbeda

    Jelas sekali bahwa Rama dan Shinta adalah dua makhluk yang berasal dari dunia yang berbeda. Antara laki-laki dan perempuan, Kaya dan miskin, berkelas dan tidak berkelas, serta beberapa klasifikasi lain yang juga menjadi definisi tertentu oleh kawan-kawan Rama untuk mempertanyakan alasan Rama sudi berteman dengan seorang dari kasta bawah. Kasta bawah itu penuh tipu musllihat untuk membonceng strata, ambisi untuk melompat dari derajatnya.

    Tapi inilah kehebatan dari sebuah idiom “sahabat”. Karena sahabat tidak memandang persamaan dan perbedaan diantara mereka. Baik yang mendasar maupun yang sekedarnya. Toh, ketika kita ‘add friend’ di Facebook, kita belum tentu tahu jati diri mereka.




    Sahabat selalu bisa menterjemahkan perbedaan sebagai warna dari hubungan yang penuh kecerian dan gejolak emosi. Karena dengan perbedaan itu akan menghasilkan sesuatu yang sama sekali baru, bukan hasil dari dominasi satu kepala atau beberapa kepala yang isinya sama.

    Sahabat juga bisa mengejawantahkan persamaan sebagai aktifitas yang dilakukan. Bahwa dengan persamaan itu berarti ada satu elemen yang menjadikan mereka saling mengerti satu sama lain. Misalkan saja Rama dan Doni yang sama-sama hobi otomotif. Rama cenderung ke motor, Doni suka yang roda empat. Beda spesifikasi tapi satu determinasi, yaitu trend dunia otomotif.

    Kelak dua hal itu yang akan menjadi masalah dalam hubungan antara Rama dan Shinta. Baik kala masih pacaran, maupun ketika sudah menikah.

    In case, mana yang kamu pilih menjadi pasanganmu; yang kamu pikir banyak kesamaannya denganmu, atau yang sudah jelas-jelas kamu ketahui perbedaan diantara kalian?

    Bersambung…

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.