Inbound

  • Related

  • Menggunakan link referral

    Kenapa saya ingin membahas tentang penggunaan link referral? Memangnya saya ingin menawarkan anda sesuatu untuk menjadi referral dari saya?

    Eits, nanti dulu. Saya tidak mau langsung “to the point” begitu. Saya hanya ingin membahas tentang fungsional dari menggunakan link referral.

    Bukan hal yang aneh bagi para affiliator/marketer untuk menawarkan sesuatu jasa atau produk yang dijalankan melalui ranting-ranting berurutan. Semacam MLM atau sejenisnya gitu deh. Termasuk buat para pengusaha internet marketing seperti saya dan mungkin juga anda.

    Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang semestinya menjadi referral anda itu membelot dan berkhianat. Maksudnya?

    Ketika anda memberikan link kepada pengunjung atau ke dalam email yang anda kirim, seseorang bisa dengan mudah menghapus kode referral milik anda dan hanya menggunakan homepage-nya saja untuk masuk keanggotaan. Niatnya jelas, tidak mau memberi anda keuntungan dari keanggotaannya – atau ingin menjadi cabang besar sendirian untuk mencari referral sendiri. Dia sangat tolol dan ceroboh.


    Kenapa tolol?

    Ya, karena proses pendaftaran beberapa program afiliasi meminta kode referral. Apa gunanya kode referral tersebut? Ini mengenai kepercayaan dan jaminan. Saya akan menganalogikan kode referral tersebut dalam bukti nyata kehidupan sebenarnya : tentang melamar pekerjaan.

    Kode referral tersebut layaknya channel (orang dalam) perusahaan yang akan memberikan jaminan bahwa proposal anda diterima perusahaan, memberikan jaminan kepada perusahaan bahwa anda layak mendapat kesempatan – bukankah sang referrer sudah mempertaruhkan nama baiknya?

    Ini bukan berarti memberikan sanjungan besar pada para referrer, bukannya menyombongkan diri sebagai referrer yang bonafit. Tapi adalah sebuah pembahasan tentang faktor sosial. Bahwa kita nggak bisa sendirian, tanpa referrer kita nggak akan tahu info afiliasi yg bersangkutan – tanpa referral, kita hanya sepucuk ranting kering tak berdaun.

    Jadi, apa yang anda simpulkan disini?

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.