Inbound

  • Related

  • Lingerie : Razia Polisi

    Sebelumnya, it would be better if you read Transparent Lingerie first before you make a wrong appreciation.

    Setiap kali kita mendengar frase seperti itu, Razia Polisi – asumsi kita selalu tertuju pada suatu kegiatan aparat polisi yang mengadakan pemeriksaan. Baik pemeriksaan sehubungan dengan kelengkapan kendaraan, maupun pemeriksaan lainnya.

    Sadarkah bahwa ada yang ganjil pada pemilihan kata pada frase tersebut?

    Yup, Jika anda menemui frase lain yang nyaris serupa, maka anda akan menemukan keganjilan yang justru menjadi boomerang (mestinya).

    1. Razia KTP : Dengan tujuan pemeriksaan kartu tanda penduduk yang bermaksud untuk menjaring pendatang yang nggak jelas.
    2. Razia Sajam : Akronim dari Senjata Tajam, bertujuan untuk menjaring orang-orang yang diduga berkeliaran di tempat umum sambil membawa senjata tajam, yang biasanya berfungsi untuk tindakan kriminal.
    3. Razia PSK : Dengan tujuan menjaring para Penjaja Seks Komersial yang meresahkan masyarakat sekitar atau memperburuk citra kota.
    4. Razia PKL : Dengan tujuan untuk menjaring para Pedagang Kaki Lima yang melanggar aturan tata kota dan ketertiban umum.
    5. Razia Orang Jelek : Anda pasti sudah paham maksudnya, dan kita tentu tidak akan masuk dalam kategori yang dijaring kan? Hehehe…


    Nah, dari beberapa contoh penggunaan kata kerja “Razia” dan beberapa macam sampel obyek. Menjelaskan bahwa posisi frase tersebut menyembunyikan subyek.

    Misalkan “Razia Sajam”, frase ini menyembunyikan kata subyek berupa “Polisi”. Karena dalam kalimat lengkapnya adalah “Polisi Razia Sajam”, Yaitu kegiatan aparat polisi untuk mejaring orang-orang yang membawa senjata tajam di tempat umum.

    Lalu, bagaimana dalam kasus “Razia Polisi”? Ketika semua orang sudah telanjur menterjemahkan sebagai kegiatan polisi menjaring para pelanggar aturan lalu lintas.

    Padahal semestinya jika diterjemahkan justru menjadi ”Kegiatan yang bertujuan untuk menjaring polisi-polisi (yang melanggar peraturan)”. Benarkan?

    Jadi jika anda menemui plakat bertuliskan ”Razia Polisi” saat diadakan pemeriksaan kelengkapan kendaraan, apa yang akan anda lakukan?

    Share this to your friends

    2 comments to Lingerie : Razia Polisi

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.