Inbound

  • Related

  • Ketika satu mangkuk sup memiliki dua sendok

    Kenapa judulnya seperti itu? Kok kesannya jadi sulit diterjemahkan. Apakah ini berhubungan dengan urusan dapur? Hmm, dalam suatu elemen – ya, bisa jadi menyentil masalah dapur.

    Yang saya maksudkan disini adalah ketika keluarga baru Rama dan Shinta dihadiri oleh pihak ketiga bernama orangtua alias mertua. Dalam cerita ini, ibu Rama menjadi juri dan penasihat dalam keluarga baru tersebut.

    Bisa anda bayangkan ketika kapal yang semestinya anda bina hanya dengan pasangan anda, tiba-tiba didatangi orang lain yang harus dihormati dan dipatuhi, yang pada suatu alasan juga punya andil mengendalikan haluan kapal.


    Kenapa saya memilih orangtua Rama untuk “merecoki” keluarga baru tersebut? Kenapa bukan orangtua Shinta saja? Bukankah istilah mertua mempunyai daya imajinasi kekhawatiran yang tersegmentasi dengan jelas, tidak peduli mertua siapa – orangtua siapa, mertua biasanya bikin repot dan tidak leluasa.

    Alasannya adalah bahwa sedari awal perbedaan strata sosial dan finansial keluarga membuat Shinta selalu mendapat pandangan ‘underestimate’ dari keluarga besar Wijaya. Hal seperti ini bisa memicu penilaian lebih buruk lagi jika sampai Shinta melakukan kecerobohan.

    Alasan kedua adalah, biasanya memang perempuan yang mengalami kesulitan saat mertuanya bergabung dalam lingkaran itu. Selain karena hakikat perempuan yang perasa, faktor lingusitik juga bisa meramaikan suasana. Sedangkan laki-laki masih bisa acuh tak acuh dengan kehadiran mertuanya. Ah, tinggal diajak baca Koran – nonton tv – kalau dinasehati tinggal dijawab “ya”.

    Bisakah Shinta beradaptasi dan bersikap positif? Bagaimana dengan kamu?

    Bersambung…

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.