Inbound

  • Related

  • Google Buzz, Facebook and MySpace should be aware

    Hegemoni situs-situs jejaring sosial di dunia, khususnya di Indonesia semakin menyemarakkan suasana gegap gempita kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Ketika ajang berkomunikasi tidak lagi harus bertemu muka secara langsung, hanya perlu Skype, Yahoo Messenger, Google Talk, dan berbagai cara lainnya. Ketika bersosialisasi tidak lagi harus berkumpul di suatu tempat nyata, hanya perlu mengaktifkan gadget (ponsel, netbook atau PC), koneksi internet, dan bergabung dalam forum komunitas online maupun situs-situs jejaring sosial semacam Friendster, Yuwie!, Facebook, Twitter, MySpace, dan banyak lainnya.

    Kini ketika Facebook sudah terasa semakin melambat waktu akses (loading konten-nya), anda patut melirik situs baru kembangan dari Google. Meng-evolusi-kan fasilitas G-Mail dengan fitur tambahan bernama Google Buzz.

    Lalu apa yang ditawarkan Google Buzz untuk menandingi facebook yang sedang merajai dunia jejaring sosial? Wah, kita semua tahu bahwa mesin pencari Google tetap menjadi nomor satu meskipun Yahoo dan Microsoft gencar memrpromosikan Bing. Dan kita pun tahu bahwa Google memiliki berbagai anak perusahaan (hasil akuisisi), seperti Twitter, Picasa, Flickr, Youtube, Blogger, dan Google Reader. Jadi bukan hal yang tidak mungkin untuk menjadikan semuanya dalam sebuah sinkronasi hebat.




    Facebook bekerja dengan menyelaraskan pembaharuannya pada informasi email. Atau dengan kata lain, setiap ada pembaruan atau kegiatan yang berhubungan dengan akun anda, anda akan mendapat email untuk bisa anda kunjungi melalui link yang diberikan (jump to spot).

    Sedangkan Google Buzz mencoba menawarkan sebaliknya, justru menyelaraskan email anda menjadi akun jejaring sosial. Hebatnya Google …

    Menggunakan Google Buzz, anda akan mendapatkan fitur dinamis dalam akun G-Mail anda sebagai sinkronasi terhadapa pembaruan status teman-teman anda.

    Dan sekali lagi, Google berada diatas angin dengan dukungan fasilitas Maps dan Places/Positioning – bukan sekedar memberikan informasi koordinat lokasi anda. Dengan fitur ini, anda bisa memberi komentar/status pada lokasi anda atau teman-teman anda yang sedang online. Canggih …

    Google Buzz membuat cara berbagi foto dan video lebih mudah dibanding situs jejaring sosial lainnya. Dengan sinkronasi terhadap Flickr, Picassa dan Google Video (yang juga berhubungan dengan Youtube), proses penjelajahan file media tersebut menjadi mudah untuk dilakukan. Ini seperti menyatukan berbagai acam toko dalam satu mal besar yang lengkap untuk sebuah fasilitas one stop shopping.

    Buzz juga mampu ber-sinkronasi dengan akun Twitter anda sehingga memudahkan anda untuk mengetahui status dan mengendalikan akun anda secara bersamaan, atau setidaknya lebih praktis. Sayangnya, untuk sementara ini baru bisa mendukung penampilan Twitter Feed saja, seperti Feed dari Google Reader. Pola ini bukan karena membatasi layanan, tapi justru untuk menghindari proses akses informasi yang berlebihan pada akun anda yang justru membuat waktu akses menjadi lama.

    Google Buzz juga akan didukung dengan aplikasi mobile – Apple iPhone dan Android menjadi yang pertama menggunakannya, karena sudah mendukung HTML5 sebagai layanan informasi lokasi (location-based services).

    Nah, menjadi perusahaan yang besar seperti Google memang sangat menguntungkan bukan? Sekarang, apa anda siap bergabung dengan Google Buzz, menikmati era baru jejaring sosial yang mudah (meskipun pada awal pendaftaran tidak semudah yang lainnya)?

    Be Socialize, and wise…

    Sumber : GSMarena.com

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.