Inbound

  • Related

  • Darah selalu lebih kental daripada air

    Darah mengandung 80% kandungan air. Tapi darah bukanlah air karena darah memiliki ikatan-ikatan fisika dan kimiawi yang membuatnya berbeda dengan air, termasuk dalam segi viskositasnya (kekentalannya).

    Jika darah dibiarkan terhadap udara bebas suhu kamar (25oC), maka darah akan mengental seperti tahu. Dan jika darah dipanaskan, maka terjadi reaksi oksidasi dimana kandungan air menguap dan ekstraksi darah akan memadat. Biasanya darah yang digoreng dan dikonsumsi disebut “saren”.

    Sementara air hanya berubah jika berada dalam kondisi suhu titik beku. Jika dipanaskan, reaksi oksidasi akan mengubahnya menjadi uap air (sebuah molekul air yang lebih kecil).




    Begitulah kondisi yang terjadi dalam rumah tangga Rama dan Shinta. Selalu saja penilaian dari pihak keluarga besar Wijaya, keluarga dari Rama. Penilaian yang cenderung ‘underestimate’ terhadap kapabilitas Shinta yang telah menjadi bagian dari keluarga Wijaya, dengan status istri Rama.

    Ada saja hal yang membuat penilaian terhadap Shinta selalu berderajat rendah, dalam bahasa anak kuliahan : Paling banter dapet nilai C.

    Dan penilaian yang diterima Shinta selalu berasal dari perbandingan dengan anggota keluarga Wijaya lainnya, yang tentunya merupakan keturunan sah dalam silsilah.

    Semisalkan mengenai cara berpenampilan Shinta dalam acara resmi perusahaan milik keluarga Wijaya. Tetap saja dibandingkan dengan adik perempuan Rama. Dan tentu saja nilai Shinta selalu lebih rendah daripada nilai Widya, adik Rama.

    Itulah mengapa darah lebih kental daripada air. Dan Shinta mengalami hal seperti ini dalam kehidupan berumahtangganya bersama Rama. Bagaimana jika kamu yang mengalaminya?

    Bersambung…

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.