Inbound

  • Related

  • Blackhat SEO

    Ada berbagai macam panduan untuk melakukan optimalisasi mesin pencari terhadap website anda. Dan seperti dugaan kita semua, selalu ada langkah benar dan langkah tidak bijaksana. Yang patuh aturan dan yang melanggar aturan atau etika webmaster.

    Bagi mereka yang taat peraturan SEO disebut ”Whitehat SEO”, dan mereka yang melakukan tehnik curang disebut ”Blackhat SEO”. Dan mungkin yang berada diantara patuh dan sedikit cari peluang berbuat curang, disebut ”Greyhat SEO”.

    Kenapa disebut Black-hat dan White-hat? Tehnik apa saja yang membuatnya dianggap sebagai kecurangan dan pelanggaran aturan serta etika webmaster.

    Sebelumnya, kita luruskan dulu arti dari webmaster. Bukan hanya berarti pakar web atau mereka yang menjadi guru di bidang web development. Webmaster juga bisa berarti pemilik web (master : majikan).


    Okay, mari kita berbicara tentang analogi si topi hitam dan si topi putih.

    Sebenarnya kita bisa membayangkan sendiri berdasarkan pencitraan beberapa film Holywood yang sudah banyak beredar, tentang penjahat dan yang baik – tentang pendosa dan pendoa – tentang mafia dan penguasa.

    Mereka yang jahat dikemas dengan pakaian gelap, topi hitam dan kacamata hitam untuk menyembunyikan jati diri serta ekspresi saat berbuat kejahatan.

    Sedangkan mereka yang baik dibungkus dengan pakaian cerah, bersih ditambah topi sewarna sebagai alat untuk memberi penghormatan kepada orang lain.

    Jadi, dari analogi tersebut kita bisa mengambil kesimpulan sendiri, langkah mana yang perlu diambil untuk melakukan optimalisasi search engine? Apakah anda akan cukup sabar dan bijaksana melakukan langkah sesuai aturan? Apakah anda akan berbuat curang demi peringkat web anda di SERP? Atau mungkin anda berada ditengah-tengahnya?

    Apapun tehnik yang anda pergunakan, semua adalah hak dan resiko anda sendiri.

    Ingat, Orang jahat selalu kalah di akhir cerita – meskipun bukan berarti dimenangkan oleh orang baik. Setuju?

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.