Inbound

  • Related

  • Blackhat : Cloaking

    Sesuai namanya, Cloaking berarti menggunakan suatu perangkat untuk menyembunyikan diri agar tidak terlihat, atau dengan pengertian singkat yang hampir serupa adalah menyamarkan diri.

    Tujuan utama dari tehnik Cloaking adalah menipu robot mesin pencari untuk mendapatkan posisi bagus di dalam index pencarian, dan atau mengecoh pengunjung dengan tujuan tertentu.

    1. Cloaking untuk menipu robot search engine

    Ada dua cara yang biasa dilakukan para Blackhat SEO, yang halus dan yang kasar. Ah, macam-macam saja caranya.

    –         Soft manipulation

    Tehnik ini dilakukan dengan membuat teks berisi banyak keywords yang bertujuan memikat robot pelacak dari mesin pencari agar di-index dengan baik. Namun, penulisan keywords itu tidak bisa dilihat manusia secara kasat mata karena warna huruf yang disamakan dengan warna background website, sehingga hanya secara source code saja teks itu terbaca – dan celakanya, Googlebot hanya membaca source kode setiap halaman website.

    Cara ini biasa dilakukan oleh para webmaster yang kurang mampu membangun website yang niche, atau memang ada tujuan lain untuk menjebak search engine dan pengunjung.

    –         Rough manipulation

    Sedangkan tehnik ini tidak melakukan penyamaran warna, melainkan menaruh anchor link di suatu karakter teks yang tak diduga oleh manusia biasa. Misalkan menaruhnya pada karakter titik, koma (tanda baca lainnya) atau bahkan pada spasi.

    Hal ini dilakukan karena konten website yang tidak niche, sehingga setiap artikel diberi anchor link ke arah artikel yang sesuai meta tag web tersebut.

    Siapa yang dicurangi? Tentu saja pengunjung situs tersebut.


    2. Cloaking untuk mengecoh pengunjung

    Meskipun dari uraian diatas sudah menyebutkan tehnik penipuan (calon) pengunjung website, tapi tehnik yang satu ini sangat jelas tujuannya. Yaitu menggiring pengunjung kepada sebuah halaman web yang menguntungkan bagi pemilik website.

    Misalkan Saya pengguna Blackhat, mengikuti afiliasi pay per lead, pay per action, tidak mudah bagi saya untuk membuat orang-orang sudi melakukan tindakan lebih lanjut pada link afiliasi yang jelas-jelas terlihat sebagai iklan.

    Maka saya akan menyamarkan URL link tersebut sehingga pengunjung atau bahkan mesin pencari tidak lagi menganggap link tersebut akan merujuk ke sebuah halaman web berisi iklan. Cerdik bukan?

    3. Cloaking paling kejam

    Kenapa paling kejam? Karena tehnik cloaking ini benar cerdas menipu robot search engine dengan mengenali IP nya, seolah website tersebut wajar dan bagus untuk ditempatkan pada index pencarian.

    Tapi begitu web page tersebut dibuka oleh seorang pengunjung, maka ia akan dihujani oleh berbagai macam spam seperti iklan-iklan bersifat pop-ups windows. Bayangkan jika anda sendiri menjadi pengunjung website tersebut.

    Masih ada beberapa tehnik Blackhat SEO lain yang akan kita bahas, tapi tidak kita kupas. Jika anda tertarik menggunakannya, maaf saya tidak menyediakan tutorial-nya.

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.