Inbound

  • Related

  • Api amarah

    Dalam suatu perbedaan pendapat maupun silang persepsi, akan tersulut percikan api dari dalam jiwa. Api neraka yang biasa disebut amarah.

    Mungkin itu alasannya Muhammad SAW menganjurkan orang yang sedang marah untuk berwudlu, atau mandi, dan atau duduk diatas tanah, untuk memusnahkan panas dalam jiwa dan mendinginkan hati, serta menenangkan kinerja kepala.

    Ternyata letupan-letupan seperti itu pun tak luput kepada pasangan suami istri Rama dan Shinta. Bukankah pernikahan tanpa perselisihan itu tidak menghasilkan suatu pembelajaran untuk mempererat kesetiaan dan cinta? Hu-uh, teorinya sih begitu… tapi kadang perselisihan kecil itu diperuncing dengan hal-hal lain untuk menciptakan suatu keretakan hubungan yang membesar dan membesar.




    Seperti halnya shinta yang sedang berusaha menahan amarah dengan berkah kesabaran dari Tuhan yang semestinya tak berbatas. Ini gara-gara kelakuan Rama yang kadang masih kekanak-kanakan. Yah, perempuan kan memang lebih dewasa ketimbang laki-laki seumurannya.

    Tapi Shinta enggan mengumbar amarahnya dengan gelap mata. Toh, kekhilafan Rama itu masih bisa ditoleransi dan dikompromikan. Pernikahan merupakan wujud kompromi besar kan?

    Shinta hanya bisa berkata kepada Rama : ”Mas diam saja dulu, biar saya menenangkan diri sendiri – biar saya cooling down sendiri”.

    Tapi ketika pangkal masalah berakar dari perbedaan sikap keduanya, tiba-tiba Shinta merasa dimentahkan oleh tindakan Rama. Shinta terlupa bahwa Rama memiliki pengejawantahan amarah yang berbeda. Diam.

    Lha, kalo Shinta yang sedang marah menyuruh Rama diam – lalu bagaimana kalau kediamannya Rama itu juga merupakan amarah? Malah diem-dieman…

    Memang sulit menghadapi orang yang marah, karena setiap orang punya pola masing-masing untuk menunjukkan rasa marahnya. Bagaimana dengan kamu?

    Bersambung…

    Share this to your friends

    Leave a Reply

      

      

      


    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Maximum 2 links per comment. Do not use BBCode.